Tentang Saya

Halo, perkenalkan saya Adi Wahyu, telah menikah dan memiliki seorang putri cantik bernama Pramudita Maharani. Sejak akhir tahun 2007 telah tinggal di daerah Rempoa Ciputat.

Saya memiliki banyak peminatan -entah hobi atau bukan- seperti mengikuti perkembangan piranti teknologi informasi, perangkat lunak, menggambar, fotografi, sepakbola, berlibur ke berbagai daerah di nusantara, hingga berpetualang menjelajah berbagai hutan dan mendaki gunung serta menyusuri pantai-pantai indah yang belum terjamah komersialisasi. Satu lagi cita-cita dan minat saya yang masih dalam pengembangan adalah menjadi enterprenur.

Perkenalan saya di dunia Internet sudah dimulai dari tahun 1997. Waktu itu dengan kebaikan kawan satu komplek, saya memanfaatkan fasilitas Internetnya untuk mencari referensi tambahan tugas pelajaran Agama. Bersama dia, saya mulai belajar membuat situs Web. Berbekal pengetahuan dasar HTML, saya diminta sepupu saya untuk menulis isi (content) situs reliji yang masih satu jaringan dengan situs kafegaul.com, sayangnya situs itu hanya berumur jagung.

Sepupu saya lainnya, yang tahu hobi saya menggambar, membawa saya menjadi seorang freelancer -walau lebih banyak mendapatkan proyek terima kasih hehe-. Saya pun mulai menjadi desainer buletin kampus dan pernah mendapat pesanan untuk proyek buku tahunan SMU 14 Jakarta Timur. Bagi saya, menjadi freelancer itu berarti mendapatkan relasi baru, ilmu baru, dan belajar berkomunikasi dengan berbagai macam orang dengan tabiatnya masing-masing yang unik.

Minat yang tinggi terhadap Sepakbola Liga Serie A Italia dan pengetahuan teknis yang minim akan PHP, MySQL, dan Apache saya pun bersama sepupu pada tahun 2002 memberanikan diri mendirikan situs sepakbola harianbola.com. Situs tersebut dimutakhirkan beritanya setiap pagi. Sumber beritanya berasal dari Soccernet, Football Italia, Detik.com, dan situs-situs sepakbola dan berita lainnya. Saya dan saudara saya hanya menerjemahkannya dan meracik ulang kalimatnya agar mudah dicerna dan lebih provokatif. Gaya berita seperti inilah yang membuat pengunjung penasaran untuk kembali lagi. Syukur Alhamdulillah, walau pada awalnya hanya dikunjungi 2 sampai 5 pengunjung unik, dalam waktu satu tahun pengunjung uniknya telah mencapai 700 orang.

Ternyata, memiliki sebuah Website harus profesional, dalam artian harus mendapatkan pendapatan agar kualitas dan kontinuitas berita tetap terjaga. Saya bersama saudara memang awalnya hanya hobi, ternyata semakin lama semakin serius. Fitur komentar dan forum membuat harianbola memiliki pembaca setia. Kami pun mengapresiasikannya dengan memberikan hadiah kaos tim-tim favorit Liga-Liga Besar Eropa.

Seperti yang telah kami prediksikan, kami kehabisan tenaga dan biaya. Tenaga karena kami juga sudah bekerja di tempat masing-masing. Energi dan fokus harus lebih dikeluarkan lagi. Sedangkan kami harus terus membayar biaya koneksi Internet agar tetap terus mengikuti informasi terbaru di jagad persepakbolaan. Kami juga harus membayar sewa domain dan hosting tempat Harianbola berada. Parahnya, kami tidak mendapatkan pemasukan karena ketiadaan sponsor. Seandainya saja waktu itu kami mau membuat proposal dan jalan-jalan mencari sponsor mungkin lain ceritanya. Akhirnya dengan berat hati, setelah berjalan 2 tahun, kami pun menutup harianbola. Saat ini domain harianbola sudah dimiliki oleh godaddy.com.

Setelah tidak mengurusi harianbola, saya pun memulai aktivitas saya sebagai blogger sejak Agustus 2004 di sini. Setelah cukup lama vakum di dunia per-blog-an, kini saya berusaha kembali aktif menulis. Hingga saat ini ada beberapa blog saya yang masih aktif dan tetap terpantau yaitu:

  1. adiwp.wordpress.com di WordPress.com
  2. si-wahyu.blogspot.com di Blogger.com
  3. betawi.blogsome.com di Blogsome,
  4. juga copy-paste dari blogger ke multiply di adiwahyup.multiply.com

Jika punya waktu luang silakan mampir ya… Sejujurnya saya sedang membutuhkan rekan dan sukarelawan untuk dapat mengisi situs budaya saya di betawi.blogsome.com. Tentunya saya lebih senang jika memiliki latar belakang dan pengetahuan akan Budaya Betawi secara keseluruhan. Tetapi jika memang benar-benar senang menulis budaya Betawi dan memiliki rujukan dan acuan yang terpercaya silakan saja bergabung. Ini email saya “adi dot wahyu do p at gmail dot com” untuk menghubungi saya😉

Nah, saat ini pekerjaan tetap saya jauh dari dunia teknologi informasi dan komputer, namun tetap penuh tantangan. Yap, saya bekerja di bidang jasa konstruksi. Saya harus berjibaku dengan jadwal pekerjaan yang tenggang waktunya terbatas dalam menyelesaikan suatu konstruksi entah itu gedung, jalan, sekolah, rumah tinggal, dan pelabuhan. Walau pada awalnya terpaksa akhirnya saya sudah agak menikmatinya hehe.

Syukur alhamdulillaah, saya masih dapat mengamalkan ilmu yang saya miliki dengan menjadi tenaga pendidik. Walaupun sebagai tenaga pendidik paruh waktu, saya berusaha keras menjadi profesional. Hal ini saya lakukan dengan membaca dan riset berbagai materi di Internet sebelum saya mengajar. Harapannya tidak lain agar ilmu yang diajarkan dapat dicerna dan dapat diterapkan dengan baik. Tidak ada yang lebih indah dari seorang pendidik selain mengetahui hasil didikan saya sukses di kemudian hari.

Oke cukup sekian sekilas tentang saya. Selamat membaca🙂