Forza Milan

Scudetto ke-18 juga AC Milan. Melihat komposisi pemainnya yang banyak tidak muda lagi sudah saatnya Milan cari bakat-bakat muda seperti waktu mendatangkan Kaka dan Pato.

Ayo musim depan harus lebih kompetitif lagi buat bekal baik di Serie A maupun Liga Champion.

Forza Milan

Iklan

Kultwit #Bursa dan #Forex dari @ahmadgozali

Berikut adalah copy-paste kultwit Ahmad Gozali

#FOREX

Forex hanya halal ditransaksikan dgn 2 syarat: 1.CASH & 2.HARGA SPOT. Transaksi forward, put, call, margin DILARANG.

Jual-beli valas cash di moneychanger/bank itu HALAL. Invest valas di bursa berjangka dgn transaksi non-tunai & non-spot itu HARAM.

Berdasarkan Fatwa DSN, pertukaran mata uang (sharf) diperbolehkan dgn 2 syarat: 1.CASH & 2.HARGA SPOT.

Hal ini didasari dari hadist “Emas dgn emas, perak dgn perak,… ditukar SAMA beratnya”. Jika tdk sama, masuk hukum RIBA Fadhl. #FOREX

Emas & perak pada saat itu adalah mata uang. Sehingga ulama meng-qiyas-kan pertukaran mata uang kedalam hukum tersebut. #FOREX

Sehingga pertukaran mata uang, harus dilakukan TUNAI dan HARGA SPOT (harga saat transaksi) agar tdk terjadi RIBA. #FOREX

Jika transaksi mata uang tdk TUNAI atau SPOT, maka bisa menjadi akal2an agar terhindar dari riba pinjam-meminjam atau bunga. #FOREX

Contoh: Pinjam Rp10.000, hrs dkembalikan Rp10.000 jg. Agar bisa untung, maka pinjam Rp10.000, kembalikan $120 thn depan. Ini riba! #FOREX

Contoh: pinjam $100, dikembalikan thn depan dlm Rupiah dgn kurs disepakati di awal misal 12.000, ini akal2an hindari bunga. Ttp RIBA. #FOREX

Maka jual/beli mata uang apapun di bank/moneychanger dgn cara tunai & harga yg berlaku saat itu (spot), itu HALAL. #FOREX

Jual/beli mata uang dgn menunda pembayaran (tdk tunai), itu HARAM. #FOREX

Dalam Fatwa DSN, yg dimaksud dgn tunai adlh pembayaran langsung atau maksimal +2 hari untuk antisipasi kendala teknis (transfer). #FOREX

Jual/beli mata uang dgn menyepakati harga kurs di masa depan (tdk harga spot) juga HARAM. #FOREX

Contoh: Sebagai importir saya perlu $ bln depan, saya khawatir $ naik harganya. Maka saya buat perjanjian dgn bank utk mengikat kurs. #FOREX

Saya janji beli $ bln depan dgn harga kurs Rp9.200. Itu HARAM. #FOREX

Bagaimana dgn investasi valas/forex di bursa berjangka? kembali pada transaksinya… apakah cash dan spot atau tidak? #FOREX

Yg jelas, di bursa berjangka ada transasi OPTION (put/call) yg haram krn tdk SPOT. Dan ada transaksi margin yg haram krn TDK TUNAI. #FOREX

Hukum TUNAI & SPOT hanya berlaku utk MATA UANG / EMAS. Utk yg lain, berlaku hukum jual-beli seperti biasa saja, termasuk di bursa. #BURSA

#Bursa

Kita mulai dari bursa berjangka, disitu ada forex (sdh dibahas), indeks, dan komoditi. #BURSA

Jual beli komoditi jelas diperbolehkan. Tapi apa yg sesungguhnya dijual di #BURSA Berjangka? Komoditinya? atau kontraknya?

Surat berharga (kontrak, saham, obligasi, dll) blh dijualbeli dgn syarat: 1.Ada underlying asset & 2.Jual-beli tdk langgar syariah. #BURSA

Kita bahas syarat yg pertama “ada underlying asset”, artinya surat berharga hrs merepresentasikan aset yg riil. #BURSA

Saham, merepresentasikan aset riil berupa perusahaan (pabrik, tanah, uang, piutang, dll). Halal diperjualbelikan. #BURSA

Sukuk/Obligasi, mereprenstasikan hak tagih (piutang) dibackup dgn aset yg disewa atau usaha. Halal diperjualbelikan. #BURSA

Bagaimana dgn kontrak komiditi di #BURSA berjangka. Apakah merepresentasikan komoditinya? Artinya betul2 kita beli kopi/minyak/dll…?

Bagaimana dgn indeks. Apa indeks itu adalah kepemilikan atas sekelompok saham? Tidak, cuma angka yg mewakili harga sekelompok saham. #BURSA

Maka indeks harga saham jelas tdk boleh diperjualbelikan, sedangkan kontrak komoditi msh debatable. #BURSA

Sekarang syarat kedua: Transaksi tdk langgar syariah. Maksudnya syarat & rukun jual-beli dipenuhi. #BURSA

Rukun jual beli diantaranya: ada penjual, pembeli, harga, waktu pengiriman, ijab-kabul. #BURSA

Syarat jual-beli: pembeli (punya uang), penjual (punya barang), harga (jelas nominalnya), barang (jelas kuantitas & kualitas), waktu (jelas)

Nah, skrg di #BURSA Saham, ada transaksi reguler (settlement T+3) & transaksi tunai, HALAL semua unsur terpenuhi.

Tapi di #BURSA Saham juga ada transaksi margin, ini tidak halal, karena margin kena bunga.

Kalau menggunakan pasar reguler, pembayaran & serahterima diselesaikan T+3, ini artinya baru bisa ditransaksikan kembali setelah 3 hari.

Walaupun ada yg berpendapat, krn ijab-kabul sdh sah saat itu juga, maka transaksi reguler tdk perlu nunggu 3 hari tuk diperjualbelikan lagi.

Kesimpulannya, di bursa saham dihalalkan jual beli saham. Dgn syarat, sahamnya syariah & transaksinya tdk margin, short-sell, tipu2 harga.

Saham syariah sdh dibuat daftarnya oleh Bapepam-LK dan DSN, bisa dilihat di sini daftarnya: http://bit.ly/ad0k4c #BURSA

Skrg kita pindah ke #BURSA Berjangka. Di sini, transaksinya bukan jual-beli biasa, tapi jual-beli kontrak komoditi/indeks di masa depan.

Untuk transaksi indeks jelas haram krn tdk ada underlying assets. Indeks tdk mewakili saham, hanya mewakili angka harga saham. @AchaSalim

Di #BURSA Berjangka, ada transaksi margin. Ini jelas haram, karena margin menggunakan bunga.

Di #BURSA Berjangka ada transaksi call, yaitu beli kontrak di masa depan. Ini debatable, krn kembali pada masalah kontrak yg tadi.

Di #BURSA Berjangka ada transaksi put, yaitu jual kontrak di masa depan. Ini jelas haram. Lha gak punya barang kok bisa jual?

Margin (pinjem duit buat beli barang, kena bunga). Pinjem duit, hrs pulang sama. Murabahah (beli barang, bayarnya belakangan).

Emas adlh barang ribawi, tdk boleh ditukar dgn sesama emas, kecuali TUNAI & SPOT. Uang berlaku sama, krn saat itu emas adlh uang.

Emas sbg uang tdk bisa murabahah (tdk tunai). Tapi Dewan Pengawas Syariah di Pegadaian berpendapat bahwa emas skrg bkn uang, tapi komoditas.

Bali Kumuh dan Kotor

Sungguh menyedihkan keadaan Bali saat ini. Ramai memang wajar karena menjadi daerah wisata kelas internasional. Tapi kalau jadi kumuh dan kotor serta tata letak bangunan yang semrawut adalah indikasi Bali akan semakin ditinggal wisatawan!

Biar gambar di bawah ini yang berbicara

Sampah di Kuta

Bagunan jelek gak jelas di Dreamland

Bagunan jelek gak jelas di Dreamland

Pedagang gak ditata rapih bikin kumuh Dreamland

Pedagang gak ditata rapih bikin kumuh Dreamland

Sampah di Dreamland

Sampah di Dreamland

Gak jelas mau bikin apa malah jadi tempat sampah

Gak jelas mau bikin apa malah jadi tempat sampah

Wisatawan asing ini lagi ilfil apa gak ya? (sampah di mana-mana)

Wisatawan asing ini lagi ilfil apa gak ya? (sampah di mana-mana)

Buat teman-teman Bali, yuk mari jaga kelestarian budaya dan alam Bali.

Steak Favorit

Sekarang ada tempat makan Steak baru yang maknyuusss. Namanya Holycowsteak. Lokasinya di Radio Dalam di sebelah Alfamidi. Dan sepertinya Holycowsteak ini semakin terkenal karena baru saja diliput oleh Kompas edisi Minggu 25 Juli 2010.

Menu spesialnya tentu saja daging Steak Wagyu-nya. Jika di restoran-restoran lain, daging Steak Wagyu harganya di atas Rp 100.000,- Namun di Holycow steak, harga Wagyu termahalnya Rp 95.000,- Memang mahal untuk mayoritas orang Indonesia. Tetapi buat saya, harga segitu cocoklah mengingat kenikmatan dan kepuasan yang diperoleh. Lagian saya juga gak setiap hari/minggu atau bahkan setiap bulan makan Wagyu :-p Kan masih ada Sirloin atau Tenderloin yang dari Australia 😀

Nah penasaran sama Wagyu? Ini kuliah Wagyu dari @holycowsteaknya langsung dari twitternya:

  1. Karnivora,kita mau kasih #HolycowTip nih,supaya bisa lebih kenal lagi sama dunia perdagingan..ready? 😉
  2. #HolycowTip : ini adalah foto sirloin biasa (non wagyu) dagingnya dominan merah http://twitpic.com/26dami
  3. #HolycowTip :ini sirloin wagyu. Guratan2 putih itu yg bikin wagyu lbh empuk drpd sirloin biasahttp://twitpic.com/26dc8x
  4. #HolycowTip: yap! Guratan2 putih di daging wagyu itu adalah lemak. Lemak pada wagyu pun lebih mudah dicerna dlm tubuh manusia loh 🙂
  5. #HolycowTip:Wagyu meat also has a higher percentage of monounsaturated (healthy) fat, and far lower cholesterol*Washington State Uni*
  6. #HolycowTip: sebaran lemak pada WAGYU itu biasa disebut ‘marbling’. Makin banyak ‘marbling’ daging makin empuk dan makin mahal harganya
  7. #HolycowTip : kalau daging sudah dimasak (matang) tentu secara kasat mata tidak akan terlihat itu wagyu atau bukan
  8. #HolycowTip: di Steak Hotel kita berkomitmen untuk menyajikan wagyu kualitas prima utk karnivora2 kita 😉
Sirloin biasa

Sirloin biasa

Wagyu sirloin

Wagyu sirloin

Wagyu Rib Eye

Wagyu Rib Eye

Itu tuh penampakan Wagyunya. Alamat ke holycowsteak tiap bulan nih 😀 kekeke

Apa sih yang membuat Holycow Steak begitu cepat terkenal?

  1. Rasanya yang maknyoosss (kalau dibandingkan dengan steak-steak yang pernah saya makan, jelas mereka semua kalah)
  2. Harganya relatif murah dibandingkan dengan restoran Steak lainnya yang sejenis
  3. Pelayanan yang profesional (pelayannya ramah, cekatan, dan bersih)
  4. Komplemen kripik singkong dan tiramisu buat yang beli Wagyu dan mention @holycowsteak di twitter atau facebook
  5. Pemasaran melalui konsumen langsung. Konsumen puas, mention @holycowsteak dan dang tersebarlah kemana-mana. Alias biaya promosi gratis tis.. seperti posting saya di blog ini. Promosi gratis dari konsumennya yang puas 😀

Walau begitu, saya mau beri saran agar kualitas pelayanan Holycow Hotel semakin bagus. Maaf bukan memberi solusi hanya menyampaikan unek-unek:

  1. Parkir mobil sulit, apalagi pas jam 7an karena jam segitu Radio Dalam sedang macet-macetnya. (Maklum lah)
  2. Tempat makan diperluas sedikit lagi supaya yang mengantri tidak terlalu banyak.
  3. Belum dipisahkan antara Perokok dan Bukan Perokok. Padahal banyak juga anak-anak dan bayi yang ikut bersama orang tuanya.
  4. Ada baiknya tamu yang menunggu diberi peneduh juga supaya kalau sedang hujan tidak kebasahan.

Sudah pada nyoba Holycowsteak kan? Gimana?

Selamat hari anak

Kumpulan tweet berkualitas di hari anak. Selamat hari anak, Indonesia!

Anak itu seperti sabun basah. Saat digenggam terlalu erat atau terlalu longgar, ia akan mudah tergelincir, Ari Juliano Gema

Anak adalah peniru ulung. Berhati-hatilah saat berbuat atau berbicara sesuatu didekat anak-anak #HariAnak, Ari Juliano Gema

Saya sedih ketika hrs membangunkan anak, padahal dibalik kelopak mata terlihat bergerak2. Saya tahu otaknya sdg berkembang! #tidursehat…, Andreas Prasadja

Sementara kita sibuk ngucapin selamat #harianak,apa msh ada yg inget Windy,bocah 8 taun yg hrs ngurusin 3 adiknya krn ortu mrk entah kemana? Karlina Sari

Nilai rapor bukan segalanya. Banyak nilai-nilai lain dlm kehidupan yang juga penting bagi anak … #semangatbisa #harianak, Danamon Award

anak-anak perlu diajari sikap pantang menyerah,#semangatbisa …. Selamat Hari Anak! Danamon Award

Anak yang sholeh adalah investasi dunia dan akherat bagi kedua orang tuanya #harianak, Didin Hafidhuddin

Cintai dan sayangi anak2 yatim dan anak2 terlantar lainnya seperti mencintai anak kandung sendiri#harianak, Didin Hafidhuddin

Pertajamlah rasa ingin tahu dari anak2 agar mereka tumbuh menjadi generasi yang kritis #harianak, Didin Hafidhuddin

Apabila anak2 sudah bisa membedakan tangan kanan dengan tangan kiri ajaklah dengan contoh untuk mengerjakan shalat #harianak, Didin Hafidhuddin

Kenalkan anak2 pada Allah melalui dua ayat Nya. Ayat2 Alquran dan ayat2 Allah di alam semesta #harianak, Didin Hafidhuddin

Didiklah anak2 kita dengan contoh dan suri tauladan yang baik #harianak, Didin Hafidhuddin

Didiklah anak2 dengan penuh cinta dan kasih sayang agar kepribadiannya tumbuh dan berkembang secara baik#harianak, Didin Hafidhuddin

Ada yang mau menambahkan lagi?

Eksistensi Kita di Dunia Maya

Sebagai pengguna Internet berat, saya memiliki blog dan mengikuti banyak situs social media seperti Facebook, Koprol, Twitter, Foursquare, dan forum Kaskus. Mayoritas account saya di sana bersifat ‘private‘. Toh pengaturan ‘private‘ tersebut pada hakikatnya tidak mutlak private. Kenapa? Karena teman teman kita yang terhubung dengan kita dapat melihat apapun yang kita bagi dan tulis seperti tulisan, foto dan celoteh curhat sana sini di berbagai situs social media tersebut. Lebih-lebih jika account kita masih ‘public‘ dan lupa diatur ke ‘private‘. Hampir semuanya langsung dapat diindeks oleh Google.

Tadi sewaktu buka twitter, pas sekali pak Nukman sedang ber’kicau’. Kicauan beliau menurut saya sangat bermanfaat. Sayang sekali jika informasi ini tidak disebarluaskan. Mudah-mudahan kita bisa lebih berhati-hati dalam bertingkah laku di dunia maya karena adanya makhluk yang bernama Google. Berikut copy-paste nya:

  1. Ada pertanyaan menarik ke saya “Bagaimana caranya agar nama kita tidak tercatat di #Google dan mesin pencari lain?”
  2. Alasannya: privacy. Mungkin terdengar aneh di era Internet, terutama socmed #google
  3. Untuk menjawab itu, kita mesti memahami karakter #Google terlebih dulu
  4. #Google itu spt malaikat. Tugasnya hanya mencatat “amal baik dan buruk” siapapun di web
  5. #Google bergerak spt laba2. Setiap ada getaran sebuah web (link, tautan) akan ia makan dan catat
  6. Getaran web itu bisa terjadi krn web baru ditautkan ke web lama, makin banyak tertaut ke web lama makin besar getarannya dirasa #Google
  7. #Google paling doyan dgn teks dan gambar, serta kurang doyang dgn flash. Itu sebabnya pencarian Google melibatkan 2 “mahluk web” itu
  8. Sekali ada halaman web yg memuat teks nama kita, dan tercatat #Google, tak ada cara utk menghapusnya
  9. Meski kita menghapus halaman web tadi, #Google tetap akan menyimpan salinannya di “cache” atau tembolok dan bisa di-search
  10. Jadi, cara termudah utk tdk dicatat #Google adalah: tidak usah eksis di Web sama sekali. Tapi itu pun tidak dijamin. Knp?
  11. Meski tdk eksis di web, nama kita bisa berserakan di #Google krn orang lain menuliskannya, baik versi negatif atau positif
  12. Kalau banyak yg menulis ttg kita dgn versi + dan dicatat #Googke, beruntunglah kita. Kalau sebaliknya, CELAKA
  13. Keseimbangan amal baik dan buruk kita tercermin dari hasil search di #Google dan mesin pencari lain
  14. Daripada tdk eksis di Internet dgn risiko amal kita ditulis orang lain, lebih baik kita eksis dgn segala risikonya #Google

Ternyata, blogger Riyogarta langsung menanggapi sekaligus meralat poin nomor 8 dan 9. Sebenarnya Google mengizinkan kita menghapus Web Cache halaman web yang sudah tidak eksis lagi. Walau begitu kita harus tetap berhati-hati. Narsis dan eksis itu asyik tapi harus tetap tahu diri mana yang bisa dipublikasikan dan mana yang harus tetap dijaga di ranah pribadi 😉