Install Ubuntu 14.04 32-bit di VirtualBox dengan Vagrant

Pada awalnya, ada banyak tools yang membantu pengembangan aplikasi web berbasis PHP yang menggunakan infrastruktur Apache sebagai web server dan MySQL database server. Beberapa yang terkenal adalah WAMPP, XAMPP, dan MAMP yang berjalan di lingkungan Windows, Linux, dan Mac OS.

Seiring berkembangnya teknologi virtualisasi mesin komputer, semakin banyak pengembang aplikasi yang memanfaatkan teknologi tersebut. VirtualBox dan VMWare adalah contoh dari teknologi virtualisasi tersebut. Virtualisasi memungkinkan kita menjalankan berbagai lingkungan sistem operasi dalam sebuah komputer secara bersamaan. Salah satu manfaat dengan adanya teknologi tersebut, pengembang dapat menguji coba aplikasinya di berbagai lingkungan tanpa harus membelli sistem/komputer baru.

Dalam membuat virtual mesin baru ternyata cukup menyita waktu. Developer harus mengunduh ISO sistem operasi, menginstall sistem operasi tersebut, dan setelah sukses developer masih harus direpotkan dengan urusan update, patch, dan aplikasi infrastruktur pendukungnya. Vagrant hadir sebagai solusi masalah tersebut. Dengan Vagrant, kita cukup mengunduh box atau mesin yang telah terinstall sistem operasi, aplikasi tertentu dan telah dikonfigurasikan sesuai dengan kebutuhan aplikasi dikembangkan. Terdapat banyak situs yang menyediakan layanan box vagrant, antara lain: vagrantcloud, puphpet, dan ansible.

Dan berikut adalah video perdana saya di Youtube mengenai panduan instalasi mesin Ubuntu 14.04 Trusty Tahr 32-bit di atas VirtualBox dengan Vagrant. Sebelumnya mohon maaf atas ketidaknyamanan videonya karena ternyata volume suara saya terlalu kecil.

Semoga bisa memberikan gambaran tentang Vagrant.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s