Bali Kumuh dan Kotor

Sungguh menyedihkan keadaan Bali saat ini. Ramai memang wajar karena menjadi daerah wisata kelas internasional. Tapi kalau jadi kumuh dan kotor serta tata letak bangunan yang semrawut adalah indikasi Bali akan semakin ditinggal wisatawan!

Biar gambar di bawah ini yang berbicara

Sampah di Kuta

Bagunan jelek gak jelas di Dreamland

Bagunan jelek gak jelas di Dreamland

Pedagang gak ditata rapih bikin kumuh Dreamland

Pedagang gak ditata rapih bikin kumuh Dreamland

Sampah di Dreamland

Sampah di Dreamland

Gak jelas mau bikin apa malah jadi tempat sampah

Gak jelas mau bikin apa malah jadi tempat sampah

Wisatawan asing ini lagi ilfil apa gak ya? (sampah di mana-mana)

Wisatawan asing ini lagi ilfil apa gak ya? (sampah di mana-mana)

Buat teman-teman Bali, yuk mari jaga kelestarian budaya dan alam Bali.

6 thoughts on “Bali Kumuh dan Kotor

  1. Buat yang tdak tahu secara keseluruhan tentang Bali,,,, jangan sok tau tentang Bali,,, asal kalian tahu,,, Wisatawan mancanegara ke bali tahun 2010,,, sudah mencapai angka 2 juta!!! Jangan sok tahu kalian! Kami warga bali lebih tahu maslah pulau kami. Kalau Bali pulau kotor dan tidak tertata,,, kenapa pulau kami mendapat gelar Provinsi dipura??? Karena hampir semua kabupaten di pulau kami mendapatkan gelar Adipura!!!

  2. Bali adalah provinsi pertama yang sudah menetapkan RTRW, ini menandakan Bali sudah memiliki perencanaan mengenai Tata Ruang Wilayah… Bagi yang bilang Bali tidak tertata… Berarti kalian belum pernah mengelilingi pulau Bali,,, dan hanya tahu satu tempat saja, yang kemungkinan wilayah kaum pendatang dari luar Bali!!

    • Betul Bli, saya belum ke semua daerah di Bali. Cuman saya sudah sering ke Bali tetapi rasanya semakin ke sini kok sampahnya makin banyak ya? Saya dan keluarga cinta dengan Bali. Sedih rasanya liat Bali terasa agak kotor.

  3. Sekotor2nya pulau Bali, masih mending daripada di pulau tetangganya Bali… Mungkin disana sudah tradisi kali ya????? bagi yang tidak percaya,,,, silahkan buktikan sendiri,,,, silahan kalian datang ke bali!!!! Sekedar konfirmasi…. pantai2 di bali kadang terlihat kotor itu di sebabkan karena angin barat, yang membawa sampah yang ada di tengah laut menepi ke pantai…. Bukan karena pola hidup masyarakatnya yang kotor dan tidak teratur!!! Kalau sudah ke Bali, silahkan di bandingkan pemukiman penduduk asli Bali, dengan pemukiman kaum pendatang… Akan sangat terliahat, mana yang dinamakan dengan pola hidup sehat dan teratur!!!!

    • Tidak semua tempat di Bali bersih dan tidak semua kotor. Memang kita harus akui beberapa tempat wisata utama justru kurang baik pengelolaannya. Saya orang Bali asli dan lama menetap di Bali, luar Bali, maupun luar negara. Alam memang tidak mungkin dilawan, namun setidaknya bisa diminimalisir dengan gerakan yang tanggap. Begitu ada ombak atau angin yang membawa sampah, jika penanganannya bagus, sampah bisa langsung diangkut staff kebersihan. Memang masyarakat Bali sadar pulaunya seharusnya dijadikan tempat yang bersih berhubung statusnya yang merupakan destinasi wisata dunia, namun jujur, sayang sekali masih lumayan ada saja warga yang meludah atau buang sampah sembarangan; yang paling parah adalah, toleransi berlebihan terhadap pendatang luar yang dengan joroknya membangun warung-warung tenda di tepi jalan. Itu sangat jorok sekali kelihatannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s