Masih Langganan Koran?

Di era serba digital ditambah akses Internet yang semakin mudah dan cepat, bagi saya berlangganan koran menjadi tidak populer. Saya gembira karena sudah ada beberapa koran nasional yang telah membuat versi cetaknya ke dalam format digital. Kebetulan koran-koran favorit saya seperti Republika, Kompas, Koran Tempo, dan Media Indonesia sudah memiliki versi digitalnya dan dapat diakses melalui Internet.

Hemat! Pastilah, saya gak perlu keluar biaya berlangganan koran setiap bulannya. Berdasarkan paket promosi yang ada di tokobagus per Januari tahun 2010 ini, rata-rata biaya untuk berlangganan satu koran nasional sekitar Rp. 84.000,00-. Bisa kehitung betapa mahalnya biaya bulanannya jika kita berlangganan lebih dari satu koran.

ePaper Media Indonesia

ePaper Media Indonesia

Satu lagi, secara gak langsung kita pun ikut membantu melestarikan alam karena berkurangnya kertas cetak.

Hanya tinggal menunggu waktu, perusahaan dan orang-orang beralih dari koran cetak ke koran digital. Model bisnis baru pun pasti akan muncul sebagai alternatif pengganti pendapatan bagi koran-koran saat ini.

Oya, siapa yang sudah gak langganan koran lagi dan sudah beralih ke koran digital?

6 thoughts on “Masih Langganan Koran?

  1. Saya baru langganan koran sekitar 7-8 bulan lalu. alasannya, untuk menyemangati bocah yang nawarin untuk langganan koran. banyak anak-anak sekarang ngamen ga jelas sekaligus mengancam terutama di atas bus kota. Saya pikir, dengan mendukung mereka untuk melakukan pekerjaan yg lebih baik, mudah2an mereka akan semangat dan yakin untuk memilih pekerjaan yg baik dari pada ngancem2 ga jelas😀

    • untuk urusan itu saya juga setuju banget mas pinguin.meriang😉

      Sepertinya memang era digital jadi tantangan baru buat koran, pedagang koran asongan, dan pengantar koran langganan…

      Daripada pemerintah bikin pager, beli mobil mahal, beli pesawat, renovasi rumah anggota DPR yg ga ditempatin, mending buat pendidikan anak2 macam itu biar mereka punya bekal untuk mencari nafkah yang jauh lebih layak.

  2. saya adalah mahasiswi tingkat akhir jurusan jurnalistik, terima kasih atas info e-paper ini karena saya jadi terbantu untuk mencari materi penelitian yang terbit pada koran edisi lama, sulit bagi saya mengumpulkan edisi hingga lengkap, akhirnya terbantu karena adanya epaper ini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s